Rabu, 27 Juli 2016

Persahabatan (Bukan Teman Biadab)

Persahabatan (Bukan Teman Biadab)

Persahabatan. Sebetulnya topik ini sudah sering dibahas semenjak zaman kita masih ingusan, namun tidak ada salahnya kalau saya bahas lagi di zaman ini, dimana teman-teman yang lain lebih memikirkan untuk membahas karir atau masa depan bersama pujaan hatinya. Kenapa? Karena ini penting, lebih penting dari kuota internet gratis pemberian provider yang saat ini menjadi Tuhan bagi kaum narsisme.

Pertanyaannya, apa itu sahabat? Menurut KBBI, sahabat adalah kawan atau teman, sedangkan persahabatan adalah hubungan pertemanan.

Oke diperjelas saja. Sahabat adalah seseorang yang berteman dan hidup saling mengenal satu sama lain, kata "sahabat" erat kaitannya dengan kata karib, dekat, kental. Jadi sahabat itu cuma teman atau dengan kata lain sahabat merupakan sinonim dari teman, tetapi jika di tambahkan dengan kata karib dan sebagainya, maka itu akan menjadi kata yang dimaksud dan difahami oleh kita.

Kata "persahabatan" menggunakan imbuhan kata "per-an", yang mana merupakan imbuhan untuk menyatakan makna perbuatan, menyatakan proses dan menyatakan tempat. Ada satu yang menarik hati? Ini dia: "Untuk menyatakan makna perbuatan" ini maksud dari imbuhan yang digunakan dalam kata "persahabatan", maka saya berasumsi bahwa persahabatan merupakan perilaku berteman yang memiliki makna yang terpendam, tidak hanya berteman demi diri sendiri, demi uang, demi menikung pacar teman.

Lanjut. Menurut beberapa orang, lebih tepatnya menurut pemikiran dalam diri saya, persahabatan adalah hubungan yang istimewa, anugerah dari tuhan. Karena walaupun tanpa ikatan yang direstui oleh agama dan masyarakat, mereka begitu erat dan mengisi satu sama lain.

Dari pemikiran lain, sahabat atau persahabatan adalah alasan kalian ingin kembali berangkat ke sekolah/kampus walaupun cuma untuk sekedar kumpul bersama  temanmu.

Ada juga beberapa orang yang berpendapat bahwa sahabat itu orang yang tempat tinggalnya tidak harus dekat dengan kita, tetapi kabar dan keberadaannya selalu membuat bahagia kita melebihi tetangga yang cuma kita anggap teman biasa, yang setiap pagi bertemu di depan rumah dan hanya menyapa, bahkan jika dilihat, tetangga terlihat lebih jauh jaraknya dibanding sahabat secara pemikiran.

Oke simpulkan saja. Sahabat atau pesahabatan adalah teman atau rekan biasa, itupun jika tidak difahami makna sebenarnya. Sahabat atau persahabatan merupakan hubungan saling melengkapi, saling mendukung, perilaku kerjasama antara dua manusia atau lebih, tanpa dibedakan jenis kelamin laki-laki maupun perempuan.

Sahabat atau persahabatan merupakan hubungan yang melibatkan pengetahuan, penghargaan, afeksi, hubungan yang melakukan hal diluar dugaan untuk membahagiakan kita, tempat dimana saling dukung, saling tolong-menolong dengan sahabat kita secara refleks tanpa paksaan.

Dibandingkan dengan hubungan pribadi lainnya, persahabatan merupakan hubungan yang lebih intim dan berkelanjutan, dan itu tidak bisa tergantikan. Hubungan ini punya tempat spesial yang terpisahkan dari kekasih, keluarga dan kenalan lainnya.

Mungkin segini dulu aja kali ya pembahasan tentang persahabatannya, daripada kebawa baper berkepanjangan karena jadi nostalgia memikirkan masa-masa dimana tertawa itu tidak perlu hal yang lucu, karena sahabat bisa bikin kita tertawa, meskipun mereka tidak selucu monster Pokemon Go.

23 komentar:

  1. Waw..
    Inikah Curhatan seorang mahasiswa yang sudah ditinggal oleh pacar dan teman-temannya? Hahahaha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Fahami dan rasakan ini bukan hanya sekedar curhatan, tetapi ini lebih sejuk dari udara pegunungan bagi mereka yang mempunyai sahabat. Dan menjadi pisau bagi mereka yang kesepian karena tidak dianggap sahabat oleh orang yang ia anggap sahabat.

      Hapus
    2. Emang biasanya hal begini ada rasa marah sama sang mantan :)
      Marah yang tersumbat.

      Hapus
    3. Mungkin itu judul FTV "Kemarahan mantan yang tersumbat"

      Hapus
  2. Gue punya 2 sahabat masa kecil. Dan sampe sekarang masih tetep kompak.
    Salam karib jadinya.. Ya meksi udah jarang ketemu. Ehehe. Mantep lah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mereka sahabat atau mantan gebetan nih bang Dian?

      Hapus
  3. Sahabat dalam arti luas itu terasa lebih enak. Hurud T pada Tuhan terlalu kecil ya ? :)
    Kekasih bikin hati dan pikiran tidak focus, pening.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aseeek Bang Djangkaru curcol tentang kekasihnya

      Hapus
  4. sahabat tempatku curhat. dan aku sring curhat ke pacar. jd pacar sekaligus sahabatku. kerenn! :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. pacar bagi saya adalah tempat belanja, eh maksudnya diajak belanja, kalo sahabat tempat semua rahasia disimpan dan di publikasikan.

      Hapus
    2. haha. kebalikan nih. biasanya sih cewek yg demen belanja ke cwok :D
      lah..sia sia kita curhat pada akhirnya dibongkar(dipublikasikan) sm sahabat der..wah sesat tuh sahabat X_X

      Hapus
  5. Kalo dibandingkan dengan percintaan atau pacaran, maka dibanding pacaran, persahabatan adalah abadi.... hehehehehehe :D

    Di dalam hubungan pertemanan juga kayaknya ada cocok-cocokan ya Der, atau enggak?.... :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ia cocok-cocokan kang, tpi kalo udh cocok jangan di ajak kepelaminan ya. hehe

      Hapus
  6. Betul mas, persahabatan lebih dari sekedar berteman. Persahabatan merupakan ikatan pertemanan yang saling memberi tanpa mengharap sesuatu. Saling menjaga, menolong dsb. Merasakan suka dan duka bersama-sama.

    Jaman sekarang jarang sekali ada persahabatan sejati (walaupun ada tp tak banyak di jumpai) yang ada kebanyakan modus. Dikala senang dia hadir, ketika susah dia menghilang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada yang bilang sih gitu, tapi modus apa enggak nya tergantung kita yang rasa, hak mereka untuk menghilang tetapi kita harus membuktikan bahwa kita sahabat sejati dengan tidak mempermasalahkan apa yang telah mereka lakukan kepada kita.

      Hapus
  7. Bagiku, orang yang layak dijadikan sahabat adalah orang yang ikut seneng ketika kita senang dan sedih jika kita lagi sedih,dan tentu saja dia juga bisa menjaga rahasiaku...gitu doang, tapi nyarinya susyeee...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha, ia susah banget teh, tetapi sebisa mungkin jadilah sahabat yang baik dulu, setidaknya memberi contoh kepada mereka bagaimana cara bersahabat yang baik dan benar menurut Undang-Undang Dasar Persahabatan.

      Hapus
  8. sahabat yang ada pas lagi susahnya paling susah dilupain :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. minta stu dong teh sahabat yang ada pas susah dan gak ada pas lagi bahagia.

      Hapus
  9. Sahabat, teman, rekan, karib, traktor. Oke. Semua punya arti sendiri2, kadarnya sendiri2, kecuali traktor.

    Jadi pengin nyanyi lagunya project pop yg "ingatlah hari ini"

    BalasHapus
    Balasan
    1. cocok nyanyiin lagu itu sambil mandi, membuyarkan suara-suara aneh.

      Hapus
  10. sahabat itu sederhana dan bersama kita krn ada saling memahami antara dia dan kita.Mungkin dia bkn orang yg sempurna,tapi dg adanya dia,hidup kita terasa lebih sempurna

    kunjungi balik ya :)
    media2give.com

    BalasHapus
  11. Persahabatan bagai kepompong banyak rempong hehehe

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung.
Jika ada yang berkenan, saya siap kok diajak nikah.